1

Tak Ada Lowongan Menjadi TKI Selama Pandemi, Dipasikan Jumlah TKI Tak Akan Bertambah, Malah Berkurang

Tak Ada Lowongan Menjadi TKI Selama Pandemi, Dipasikan Jumlah TKI Tak Akan Bertambah, Malah Berkurang

Pasuruan, Tenaga Kerja Indonesia (BMI) asal Kota Pasuruan yang bekerja di luar negeri, jumlahnya dipastikan tetap atau bisa berkurang. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan mencatat, penerimaan TKI resmi untuk sementara ditutup. Kondisi ini tidak terlepas dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang terjadi di sejumlah negara.

Kepala Disnaker Kota Pasuruan, Mahbub Effendi mengungkapkan, saat ini ada tujuh warga Kota Pasuruan yang memilih menjadi TKI di luar negeri. Jumlah ini sama dengan tahun 2019 lalu, namun meningkat dibandingkan pada periode 2016 hingga 2018 lalu dimana warga Kota Pasuruan yang memilih menjadi TKI hanya lima orang.

Setidaknya ada empat negara yang menjadi tujuan TKI asal Kota Pasuruan ini. Yakni, negara Taiwan, Hongkong, Malaysia dan Korea Selatan (Korsel). Rata-rata TKI ini merupakan lulusan SMA dan bekerja informal seperti asisten rumah tangga dan pengasuh anak. Namun ada pula yang menjadi operator di Pabrik.
[post_ads]
Alasan utama mereka menjadi TKI adalah faktor ekonomi yang rata - rata merupakan keluarga tidak menengah kebawah atai tidak mampu. Mereka ingin merubah nasib menjadi lebih baik. Dan mereka berpandangan menjadi TKI sangat menjanjikan karena gaji yang lebih besar dan menjanjikan daripada di Indonesia.

“Ada tujuh warga Kota Pasuruan yang bekerja di luar negeri menjadi TKI. Alasannya karena motif ekonomi di mana mereka menilai penghidupan di luar negeri lebih baik daripada di Indonesia,” ungkapnya.

Mahbub menjelaskan, Disnaker bertugas untuk memberikan rekomendasi kelayakan apakah mereka layak menjadi TKI atau tidak. Ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin menjadi TKI. Di antaranya mereka diutamakan berusia 35 tahun. Dan harus mengurus langsung melalui Kemenaker dengan membawa foto kopi kartu keluarga (KK) dan kartu tanda penduduk (KTP).
[post_ads_2]
Selain itu, mereka harus mengikuti pelatihan. Pelatihan yang diberikan berupa keterampilan di tempat tujuan dan bahasa yang digunakan ditempat kerja mereka, seperti mandarin,  kanton atau inggris untuk komunikasi sehari hari oleh perusahaan jasa TKI (PJKI) selama tiga bulan. Usai melaksanakan persyaratan ini, TKI bisa diberangkatkan ke sejumlah negara yang menjadi tujuan mereka.

Namun, pihaknya memastikan jumlah masyarakat Kota Pasuruan yang bekerja di luar negeri tidak akan bertambah tahun ini. Sebab Disnaker tidak menerima lowongan TKI tahun ini. Kebijakan ini didasarkan pada keamanan masyarakat Kota Pasuruan karena saat ini sedang terjadi wabah covid 19 di sejumlah negara. Kebijakan ini bisa berubah bergantung pada kondisi ke depannya.

“Kalau tahun ini lowongan TKI masih kami tutup. Karena ada dampak dari Covid 19. Kami tidak ingin mengambil risiko bagi kesehatan masyarakat. Insya Allah kalau sudah aman, nanti kami buka lagi,” sebut Mahbub sebagaimana dilansir suarabmi dari radarbromo.
Banner iklan disini ==Advertise==
==
Nama

BMI Peduli,37,Cinta,30,Cuaca,16,Heboh,13,Hongkong,71,IndoNews,104,Inspirasi Usaha,5,Jepang,1,KabarBMI,287,Korea,11,Malaysia,12,Panduan,14,Saudi,7,Singapura,16,Taiwan,169,Waspada,22,
ltr
item
Berita TKI Diluar Negeri: Tak Ada Lowongan Menjadi TKI Selama Pandemi, Dipasikan Jumlah TKI Tak Akan Bertambah, Malah Berkurang
Tak Ada Lowongan Menjadi TKI Selama Pandemi, Dipasikan Jumlah TKI Tak Akan Bertambah, Malah Berkurang
Tak Ada Lowongan Menjadi TKI Selama Pandemi, Dipasikan Jumlah TKI Tak Akan Bertambah, Malah Berkurang
https://1.bp.blogspot.com/-kknZE4IfN9Y/Xt4DywPZPRI/AAAAAAAABNE/hfjka-oeTHskvKyZUylpPzoMO_qX3GhdACLcBGAsYHQ/s640/FRAME%2BTERBARU%2BSBMI.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-kknZE4IfN9Y/Xt4DywPZPRI/AAAAAAAABNE/hfjka-oeTHskvKyZUylpPzoMO_qX3GhdACLcBGAsYHQ/s72-c/FRAME%2BTERBARU%2BSBMI.jpg
Berita TKI Diluar Negeri
https://www.suarabmi.tv/2020/06/tak-ada-lowongan-menjadi-tki-selama.html
https://www.suarabmi.tv/
https://www.suarabmi.tv/
https://www.suarabmi.tv/2020/06/tak-ada-lowongan-menjadi-tki-selama.html
true
3441396040912036331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content