1

Jepang Butuh 70ribu TKI Dalam 5 Tahun Kedepan, Saat Ini Masih 480 Orang Sedang Dipersiapkan Untuk Terbang dan Kemahiran Bahasa, Kesempatan Besar Untuk Kamu Daftar

Jepang Butuh 70ribu TKI Dalam 5 Tahun Kedepan, Saat Ini Masih 480 Orang Sedang Dipersiapkan Untuk Terbang dan Kemahiran Bahasa, Kesempatan Besar Untuk

SUARABMI - 
Dalam rangka menyiapkan tenaga kerja berketerampilan spesifik (specified skilled worker/SSW) ke Jepang, Kementerian Ketenagakerjaan akan melatih 480 Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) yang berasal dari seluruh Indonesia.

Selain untuk meningkatkan kompetensi, pelatihan bahasa Jepang secara daring (online) tersebut juga bertujuan meningkatkan pelindungan kepada pekerja migran, sebagaimana diamanahkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (UU PPMI).

"Pelatihan Bahasa Jepang yang kita selenggarakan pada siang hari ini, merupakan salah satu manifiestasi dari kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan Jepang melalui MoC (Memorandum of Cooperation) yang ditandatangani pada tanggal 25 Juni 2019 lalu," kata Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, saat memberikan sambutan pembukaan pelatihan bahasa Jepang secara daring bagi CPMI Tahun 2020 di Ruang Serbaguna, Kemnaker, Jakarta, hari Jumat (14/8/2020).

Menaker Ida mengungkapkan, dalam MoU tersebut, Indonesia diberi target untuk mengirimkan SSW ke Jepang sebanyak 70 ribu orang untuk jangka waktu 5 tahun ke depan. Mereka merupakan bagian dari 350 ribu orang tenaga kerja asing yang dibutuhkan Jepang untuk mengisi 14 sektor.
[post_ads]
"Selain itu, Kemnaker juga akan mempersiapkan implementasi dari kesepakatan Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), khususnya untuk up-skilling bahasa Jepang," katanya.

Menaker Ida menyadari situasi pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia, berdampak pada berbagai sektor, khususnya sektor kesehatan dan ekonomi.

Situasi tersebut turut mempengaruhi proses pelatihan kerja yang biasanya dilaksanakan secara offline atau tatap muka secara langsung pada suatu tempat yang sama.

"Namun dalam situasi global yang terjadi saat ini harus dilakukan penyesuaian metode dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID 19, yaitu dengan metode dalam jaringan (daring/online). Kami harapkan pelatihan dengan metode daring (online) dilaksanakan tanpa menghilangkan substansi dan pencapaian kompetensi yang dibutuhkan," ujar Menaker Ida.

Kepada peserta pelatihan, Menaker Ida berpesan agar mengikuti pelatihan secara serius dan sungguh-sungguh.
[post_ads_2]
"Jangan menyia-nyiakan waktu dan kesempatan yang sudah diberikan kepada kalian, apa lagi pelatihan ini disubsidi oleh Pemerintah. Ingat, kalian terpilih dari ratusan orang yang berminat dan mendaftar," ujarnya.

Sedangkan kepada lembaga pelatihan kerja, Menaker Ida meminta agar pelatihan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab, serta sesuai dengan program dan kurikulum standar Jepang.

Hal ini mengingat bahasa merupakan instrumen terpenting dalam melakukan pekerjaan.

"Untuk Pemerintah Jepang, Mari kita terus tingkatkan kerja sama ketenagakerjaan secara bilateral, memberikan kesempatan yang luas bagi warga negara Indonesia, baik untuk bekerja, magang, maupun untuk peningkatan kualitas Lembaga pelatihan di Indonesia,"  katanya.

"Saya ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BP2MI yang telah dan akan terus menjalin koordinasi dan sinergi khususnya yang terkait dengan pelaksanaan program pelatihan ini," katanya.

Dirjen Binalattas Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, menjelaskan bahwa pelatihan bahasa Jepang ini akan dilaksanakan selama 4 bulan.

Standar kurikulum yang diterapkan yakni memahami, membaca, menulis, menguasai 300 kanji; menguasai 1500 kosa kata; konteksualisasi substansi; teknis attitude dalam bahasa Jepang; dan memahami budaya Jepang.

"Lembaga pelatihan kerja yang dipilih melalui proses seleksi yang dilakukan secara online melalui situs Kemnaker atau Sisnaker," katanya.

Sementara Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii, secara virtual berharap peserta pelatihan bahasa Jepang yang merupakan CPMI mampu berkiprah di Jepang.

"Sebagian besar pelatihan berkeinginan untuk bekerja di Jepang sebagai pekerja berketerampilan khusus pada masa mendatang," katanya.

Masafumi Ishii menambahkan, sistem bekerja pekerja berketerampilan khusus di Jepang telah dimulai sejak bulan Mei 2019.

Sehingga, para pekerja asing yang sudah memiliki keterampilan tinggi dapat bekerja di Jepang maksimal selama 5 tahun.

"Ada pekerja berketerampilan khusus dari berbagai negara dan pekerja Indonesia merupakan pekerja terbanyak kedua setelah Vietnam," katanya.

sumber: tribunnews
Banner iklan disini ==Advertise==
==
Nama

BMI Peduli,37,Cinta,31,Cuaca,17,Heboh,13,Hongkong,71,IndoNews,106,Inspirasi Usaha,5,Jepang,1,KabarBMI,289,Korea,11,Malaysia,12,Panduan,14,Saudi,7,Singapura,16,Taiwan,173,Waspada,22,
ltr
item
Berita TKI Diluar Negeri: Jepang Butuh 70ribu TKI Dalam 5 Tahun Kedepan, Saat Ini Masih 480 Orang Sedang Dipersiapkan Untuk Terbang dan Kemahiran Bahasa, Kesempatan Besar Untuk Kamu Daftar
Jepang Butuh 70ribu TKI Dalam 5 Tahun Kedepan, Saat Ini Masih 480 Orang Sedang Dipersiapkan Untuk Terbang dan Kemahiran Bahasa, Kesempatan Besar Untuk Kamu Daftar
Jepang Butuh 70ribu TKI Dalam 5 Tahun Kedepan, Saat Ini Masih 480 Orang Sedang Dipersiapkan Untuk Terbang dan Kemahiran Bahasa, Kesempatan Besar Untuk
https://1.bp.blogspot.com/-PQRHAQlF06U/Xzhn5XaHSSI/AAAAAAAACRU/FIl0Yq_iNGYC4_Dc0-kOpVG3NSU7a3aSACLcBGAsYHQ/s640/jepang%2Bbutuh%2Btki.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PQRHAQlF06U/Xzhn5XaHSSI/AAAAAAAACRU/FIl0Yq_iNGYC4_Dc0-kOpVG3NSU7a3aSACLcBGAsYHQ/s72-c/jepang%2Bbutuh%2Btki.jpg
Berita TKI Diluar Negeri
https://www.suarabmi.tv/2020/08/jepang-butuh-70ribu-tki-dalam-5-tahun.html
https://www.suarabmi.tv/
https://www.suarabmi.tv/
https://www.suarabmi.tv/2020/08/jepang-butuh-70ribu-tki-dalam-5-tahun.html
true
3441396040912036331
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content