Advertis

Banner iklan disini
==Advertise==


SUARABMI - 
Pandemi korona memang belum berlalu. Namun, kondisi di sejumlah negara belakangan ini terus membaik.

Sampai pertengahan November ini, jumlah negara yang sudah membuka akses untuk pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kembali bertambah. Tercatat ada 9 negara lagi yang membuka akses. Sehingga, total saat ini sudah ada 23 negara yang bisa diajukan untuk pengiriman TKI.

Kabid penempatan dan perluasan kesempatan kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pasuruan Suhartana mengatakan, sejak ditutup awal wabah Covid-19 lalu, per Agustus lalu sudah mulai dibuka kembali untuk pengiriman TKI. Tercatat sampai awal November ini bertambah menjadi 23 negara.
[post_ads]
“Selama pandemi kemarin memang ditutup total karena dari negara-negara lain juga masih lockdown. Namun, sekarang sudah mulai ada pembukaan. Dan, TKI bisa mengajukan pendaftaran kembali ke negara-negara yang sudah membuka untuk lokasi TKI,” ujar Suhartana.

Dijelaskannya, sejauh ini memang belum semua negara menerima pengiriman Tenaga Kerja lagi. Agustus lalu, sudah 14 negara dan awal November bertambah 9 negara lagi.

Suhartana mengatakan, TKI di Kabupaten Pasuruan memang biasanya ke Hongkong, Korsel atau Taiwan. Namun beberapa negara tujuan lain seperti Malaysia memang belum dibuka.

Kendati sudah 23 negara sudah membuka pembukaan untuk penempatan TKI, namun sampai kemarin dikatakan belum ada TKI yang mendaftar.

Sehingga dari Disnaker masih melakukan sosialisasi dan koordinasi terutama dengan Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) di Kabupaten Pasuruan.

“Masih belum ada yang mendaftar sementara ini untuk TKI. Ada beberapa tapi sifatnya masih bertanya terkait pengajuan TKI di masa Pandemi ini,” ujarnya.

Sedangkan di 4 P3MI dikatakan juga belum ada kegiatan pelatihan. Namun Disnaker sudah mulai melakukan monitoring untuk persiapan pelatihan agar tetap menerapkan Protokol kesehatan yang ketat. (eka/mie)

Berikut 23 Negara yang Bisa Menerima TKI:
– Aljazair
– Arab Saudi
– Ghana
– Hongaria
– Hongkong
– Irak
– Jepang
– Korea Selatan
– Maladewa
– Singapura
– Swedia
– Swiss
– Nigeria
– Uni Emirat Arab
– Polandia
– Qatar
– Rusia
– Selandia Baru
– Serbia
– Taiwan
– Turki
– Zambia
– Zimbabwe

Kabar Baik, Hampir Semua Negara Sudah Buka Akses untuk Pemberangkatan TKI

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini